Membuat object plane
1.pertama kita buat dulu object plane dengan cara tekan shift A pada keyboard kemudian mesh, lalu pilih plane
tekan angka 3 di numpad pada keyboard, si karakter akan membalikan badan ke sebelah kiri
dalam keadaan selection masih di plane tekan "R" yang artinya rotation. kemudian tekan angka 90 yang artinya kita melakukan rotasi 90 derajat kemudian tekan enter.
jika kalian mengikuti dengan benar, maka plane akan berdiri atau melakukan rotasi 90 derajat ke arah sumbu "Z".
naikan plane ke atas tepat berada di depan dada.
Hadapkan kembali karakter dengan cara tekan angka satu pada numpad di keyboard, maka si karakter akan membalikan badannya kembali ke depan.
lakukan skala pada plane sesuai keinginan. dengan cara tekan huruf "S" lalu sumbu X, Z atau Y tergantung lokasi karakter menghadap sumbu mana. lalu tarik mouse kebelakang.
Memotong plane dan menambahkan modifier mirror
2. Jika kalian masih di object mode ganti ke edit mode. Sekarang kita akan menambahkan satu garis vertical pada plane di tepat di tengah. caranya tekan Ctrl+R lalu klick kanan pada mouse, ingat cursor harus berada tepat di sisi planenonaktifkan selection dengan cara menekan huruf A pada keyboard, kemudain tekan huruf B naikan mouse ke sisi atas kanan plane kemudian tarik ke bawah. bila sebagian plane sudah terseleksi tekan huruf X di keyboard kemudian pilih vertices. maka plane akan terbelah ..
apabila planenya sudah sebelah atau terpotong , pergi ke jendela menu sebelah kanan. cari dan temukan menu modifier kemudian pilih mirror
jangan lupa ceklis kotak dengan tulisan clipping agar nanti mirror tidak menjauh atau terbelah saat kita melakukan beberapa perubahan pada planenya.
"kegunaan mirror itu sendiri untuk menduplikat object secara realtime ketika kita melakukan editing aslinya, sama halnya kita sedang bercermin maka yang di cermin akan sama persis dengan kita"
selanjutnya kita buat satu garis vertical pada plane yang aslinya dengan cara tekan ctrl + R pada sisi bawah plane, caranya sama seperti point no 2
lalu sesuaikan dengan badan si karakternya. kemudian kembali membuat garis horizontal caranya dengan memindahkan kursor ke sisi sebelah kanan plane dan tarik ke atas sesuaikan dengan tangan karakternya.
lalu perlebar atau sesuaikan vertex dengan bentuk badan si karakternya
untuk melihat bentuk badan si karakte agar bisa di jadikan patokan tekan huruf Z pada keyboard untuk menampilkan mode wire atau transfarant.
lalu pergi ke menu jendela sebelah bawah ubah dari mode vertex ke ke mode face. kemudian klick kanan pada face yang paling sisi kanan bawah lalu tekan X dan pilih delete face.
"Jika kalian mengikuti tutorialnya dengan benar maka planenya sekarang akan membentuk seperti pola baju."
lalu buat beberapa garis vertical di plane aslinya caranya seperti tadi, yaitu tekan ctrl + R lalu scroll mousenya ke depan untuk memperbanyak garisnya.
tidak perlu banyak banyak secukupnya saja kemudian klick kanan pada mouse untuk menetapkan posisinya. buat juga secara vertical garis garisnya sehingga membentuk sebuah kotak kotak. jangan lupa untuk bagian tangannya juga.
Tool extrude di blender
3. seleksi plane dengan cara tekan huruf A pada keyboard lalu tekan angka 3 pada numped. kemudian pergi ke jendela tool sebelah kiri, apabila jendela tool tidak ada kalian tekan huruf T pada keyboarddi barisa extrude: pilih extrude region lalu tarik mouse ke samping kanan tepat di belakang punggung si karakternya, pastikan plaennya terseleksi dengan di tandai warna kuning di semua sisinya.
"Jika kalian melakukan dengan benar maka akan terlihat seperti di gambar"
jangan lupa subscribe like dan share ya ...
Sumber : click