Zbrush, Maya, SkinHuman, & Blender

Character Skin Art
Night Mode

Membuat Karakter 3D Dengan Menggunakan Aplikasi Blender

 Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tugas kelompok softskill mengenai cara membuat sebuah karakter 3D sederhana dengan menggunakan aplikasi Blender 3D. Sebelum itu kita harus tau apa itu Blender? Blender adalah software grafis 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Dan software ini merupakan software open source yang artinya kita bisa mendapatkannya secara gratis. Dan software ini bisa kita download di https://www.blender.org/ , selain itu Blender juga merupakan salah satu free open source 3D untuk sistem oprasi termasuk linux dan digunakan untuk dikembangkan secara komersial tetapi sekarang dirilis dibawah GPL. Dan itulah penjelasan mengenai Blender. Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai langkah membuat karakter dan inilah langkah-langkah membuatnya:

  1. Kita buka terlebih dahulu aplikasi Blender 3D yang sudah kita install sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan awal berupa kubus. Kubus tersebut jangan kita hapus, karena nantinya akan kita gunakan sebagai objek untuk membuat karakter tersebut.

    ss1

    Tampilan Awal Blender

  2. Masuk ke dalam edit mode untuk melakukan perubahan atau pengeditan pada objek. Untuk melakukan hal tersebut kita tekan tombol tab.
  3. Jika sudah, kita akan lakukan pembagian kubus menjadi bagian-bagian ang lebih kecil lagi dengan menggunakan perintah subdivide. Dan untuk menggunakan perintah subdivide kita bisa melakukannya din edit mode dan tekan tombol W lalu pilih subdivide.

    ss2

    Tampilan Hasil Subdivide

  4. Kubus yang sudah dibagi tersebut akan kita gunakan sebagai bentuk kepala pada karakter yang kita buat nanti. Dan untuk membuatnya kita bisa menggunakan tombol Alt+Shift+S untuk merubah bentuk dari sebuah kubus menjadi bentuk yang menyerupai lingkaran. Tetapi lingkaran yang terbentuk masih belum rapih dan masih memiliki sudut-sudut seperti bentuk kubus. Maka kita rapihkan lagi sehingga seperti bentuk dibawah ini.

    ss3

    Proses Pembentukkan Kepala

  5. Kemudian kita akan membuat bagian tubuh atau badan. Pertama kita hapus face select (titik pada bagian sisi objek) bagian bawah dari kepala tadi, lalu kita extrude dan size kecilkan dengan menggunakan tombol E+S. Sehingga ada lubang kecil untuk membentuk bagian lehernya. Kemudian pada bagian leher tersebut kita extrude ke bawah untuk membuat bagian badan dari objek. Karena bagian tersebut mengikitu ukuran dari leher, maka kita perlu membesarkan ukurannya dengan perintah size atau tekan tombol S, sehingga menjadi sebuah badan.

    ss4

    Tampilan Bentuk Badan

  6. Ketika badan tersebut sudah jadi untuk mempemudah membuatnya kita akan memakai modifier “Mirror” sehingga ketika merubah bagian kanannya makanya bagian kirinya akan mengikuti perubahan tersebut. tetapi kita harus menghapus setengah dari kepala hingga badan tersebut. lalu pilih modifier di sebelah kanan jendela blender dan pilih “Mirror”.
    ss5

    Proses Miror

    ss6

    Tampilan Modifier Mirror

  7. Selanjutnya jika badan sudah terbentuk maka kita akan membuat kaki dan tangan. Disini kita menggunakan teknik extrude untuk memanjangkan bagian yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah tangan dan kaki.
    ss7

    Tampilan Kaki

    ss8

    Tampilan Tangan

  8. Terakhir pewarnaan untuk karakter tersebut dengan menggunakan material, disini saya memiliki beberapa warna untuk setiap bagian.

    ss9

    Hasil Akhir Karakter

ss10

Tampilan Modifier Material

Dan dibawah ini adalah keterangan jenis warna yang digunakan :

  • coklat        : digunakan sebagai warna dasar
  • merah        : untuk warna baju
  • biru gelap  : untuk warna calana
  • putih          : untuk warna hiasan sepatu
  • hitam         : untuk warna sepatu
Project By : Click

Episode Lainnya

Post Lainnya